MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTER dengan Registry Optimizer

Apakah Anda pernah merasakan frustrasi saat menggunakan PC? Apa karena PC Anda terasa lambat, dan berjalan sangat pelan? Atau ada program yang biasanya berjalan cepat tapi akhir-akhir ini malah terasa lambat?

Bisa juga pelambatan komputer itu tidak terus-menerus, tapi hanya kadang-kadang. Selain itu komputer sering hang dan crash, itu tandanya Anda perlu melakukan optimasi untuk meningkatkan kemampuan kinerja PC Anda kembali seperti semula.

Cara Meningkatkan Kemampuan PC

Komputer PC yang sudah lama dipakai ibarat mobil yang sudah dipakai lama. Untuk itulah diperlukan adanya servis dan tune up secara berkala agar kemampuan komputer kembali fit dan prima.

Ketika komputer melambat, Anda sebagai dokter komputer harus bisa mengerti penyebab dan kemudian mengetahui cara jitu untuk meningkatkan kemampuan PC tersebut. Berikut ini 6 tip cara meningkatkan kemampuan PC dan laptop Anda.

Registry Optimizer


Tip pertama untuk meningkatkan kemampuan PC dan Laptop Anda adalah dengan membersihkan Registry Windows Anda (Frekuensi: Harian). Ini adalah hal penting tapi sering kali diremehkan. Bahkan kebanyakan user PC tidak sadar pentingnya membersihkan registry secara teratur karena memang Microsoft tidak menyertakan pembersih registry di semua versi Windows-nya.


Setiap kali program diinstal, akan terjadi perubahan di registry Windows. Registry sendiri adalah database internal yang menyimpan setting-setting Windows. Ukurannya sangat besar.

Semua program Windows dan Windows itu sendiri menyimpan banyak informasi dalam database di registry ini. Entri-entri di registry ini akan mengatur perilaku, tampilan dan semua hal di sistem Windows Anda.

Nah, ketika komputer dipakai lama, tentu ada softwaresoftware yang diinstal dan di-uninstall. Karenanya registry akan berubah drastis. Dan perubahan ini tidak selalu diakomodasi dengan baik di registry.

Sehingga akhirnya ada konflik dan memperlambat komputer Anda. Semakin lama, ini akan membuat komputer menjadi tidak lincah, dan bahkan registry-nya korup. Beberapa alasan kenapa bisa terjadi seperti ini adalah:
  • Seringnya melakukan instalasi dan uninstalasi program.
  • Menghapus program tidak sempurna, sehingga masih ada file-file registry yang belum terhapus dan bersisa di komputer.
  • Melepas hardware di komputer, tapi di Windowsnya masih tersimpan informasi mengenai hardware tersebut.
  • Driver-driver yang tidak terpakai di komputer.
  • Adanya spyware atau program lain yang selalu muncul saat reboot. Untuk mengedit registry, Anda bisa memakai fasilitas regedit dari Windows. Caranya tinggal klik “regedit” di jendela Run Command. Jendela Run command sendiri bisa dijalankan dengan klik pada tombol Windows + R di keyboard. 

Setelah diklik OK maka muncul jendela registry editor. Tapi ingat! Pengeditan langsung di registry editor ini tidak disarankan kecuali bagi mereka yang sudah pakar di bidang komputer. Karena jika ada salah editing, malah komputer bisa error.

 

Nah, yang disarankan adalah Anda menggunakan beberapa program pembersih editor. Contoh program pembersih editor adalah Little Reg Defrag. Program ini akan men-scan registry kemudian mencari entri-entri yang redundan dan invalid lalu mengeceknya sehingga bisa dikoreksi dengan satu klik mouse saja. Cara mendapatkannya dengan download dari http://sourceforge.net/projects/lilregdefrag/. Program ini adalah open source karena tersimpan di situs sourceforge.net. Setelah ter-download, Anda dapat menginstalnya dengan cara seperti berikut: 
1. Eksekusi file installer Little Registry optimizer, kemudian klik I agree di kotak License agreement. Perjanjian lisensi ini sifatnya free dan open source. 


2.  Pilih lokasi instalasi di Choose install location, jika sudah tidak ingin mengubahnya, klik Next. Jika ingin mengubah, klik Browse dan pilih folder barunya.




3. Pilih komponen yang ingin diinstal di Choose components. Jika Anda belum punya Net Framework 3.5, instal net framework ini. Klik Next.


 
4. Pilih folder untuk Start menu yang akan menjadi nama di Start menu pada jendela Choose start menu folder. Klik Install kalau sudah.

   

 5. Tunggu hingga instalasi selesai.

 


 6. Di akhir instalasi, muncul Completing the Little Registry Optimizer Setup Wizard. Klik Finish


 

Setelah program terinstal, barulah bisa langsung dipakai. Pemakaiannya mudah karena hanya punya satu antarmuka dan tidak bertele-tele.
1. Aktifkan Little Registry Optimizer, kemudian klik Analyze.
2. Muncul konfirmasi bahwa Anda harus mematikan semua program terlebih dahulu agar hasilnya optimal, klik OK.
3. Hasilnya terlihat registry hive yang bisa dioptimalkan, klik Start optimization.
4. Muncul konfirmasi: Are you sure you want to compact your registry? Klik Yes.
5. Setelah sukses, ada kotak konfirmasi: Successfully compacted the Windows Registry.



reff :

buku : Menjadi Dokter PC dan Laptop Anda Sendiri

1 komentar:

  1. PC ane super lemot, kadang kalau mau buka office saja mesti nunggu sampai 3 menit...
    ane coba dengan cara yang admin tuliskan semoga dapat berfungsi di PC lemot ane. Thnk's atas informasinya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / CYP's note

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger