Antarmuka Manusia dengan Komputer

Prinsip dasar sebuah sistem komputer adalah masukan, proses, keluaran (input, process, output). Kepada komputer, pengguna memberikan data masukan, yang biasanya berupa angka maupun deretan karakter. Data masukan ini kemudian diolah atau diproses oleh komputer menjadi keluaran yang diinginkan atau diharapkan pengguna.
 
Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, secara disadari atau tidak, dia melakukan interaksi dengan komputer dengan menggunakan cara-cara tertentu. Interaksi terjadi ketika pengguna memasukkan data, yang kemudian akan ditanggapi oleh komputer dengan menampilkan suatu keluaran ke layar tampilan atau ke pencetak. Dari jargon "masukkan, proses, keluaran" di atas, pengguna memang tidak tahu menahu (atau tidak ingin tahu) proses yang sesungguhnya terjadi di dalam sistem komputer. Dengan kata lain, lewat masukan dan keluaran (input dan output) ituluah pengguna dengan komputer saling berinteraksi.

Media interaksi diperlukan agar pengguna dan komputer dapat berinteraksi. Dengan adanya interaksi ini maka pengguna akan merasakan keramahan sistem komputer yang digunakannya. Sebagai contoh komputer dapat membaca setiap perintah yang dituliskan oleh pengguna komputer dengan bahasa pemograman seperti bahasa C, Java, Pascal, Python, dan berbagai macam bahasa pemograman lainnya.

Dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat, baik dalam bidang perangkat keras maupun perangkat lunak, ragam interaksi yang disajikan pada contoh di atas menjadi tidak menarik lagi, kecuali untuk pengisian barang. Banyak ragam yang kita jumpai, dan yang paling banyak adalah berbasis berbasis jendela, ikon, manipulasi langsung, dan lain-lain.

Reff :

Buku : Interaksi Manusia dan Komputer oleh Ir. P. Insap Santosa, M.Sc., Ph.D. 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / CYP's note

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger