SEO

SEO adalah kepanjangan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION. (mungkin dalam bahasa indonesia berarti optimalisasi mesin pencari)

SEO dikenal juga sebagai sebuah cara, ilmu, atau metode agar sebuah website yang anda buat/miliki dapat berada diposisi teratas ( Page-one) di SEARCH ENGINE seperti GOOGLE, BING, YAHOO, DLL.

dan MANFAAT dari semua itu adalah agar website/blog anda memiliki banyak traffic atau pengunjung.! Mengapa demikian? karena hampir 85% pengguna internet mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, dll.

berikut ini dibahas lebih dalam mengenai SEO,
1. Cara Kerja Search Engine

Kebenaran dasar pertama yang perlu Anda ketahui untuk belajar SEO adalah mesin pencari bukanlah manusia. Sementara ini mungkin jelas bagi semua orang, perbedaan antara bagaimana manusia dan mesin pencari (search engine) melihat halaman web tidaklah sama seperti manusia, mesin pencari adalah teks-driven. Meskipun kemajuan teknologi dengan cepat, mesin pencari jauh dari makhluk cerdas (manusia) yang dapat merasakan keindahan desain yang nikmat di pandang mata atau menikmati suara dan gerakan dalam film. Sebaliknya dengan mesin pencari penjelajah Web, melihat item situs tertentu (terutama teks) untuk mendapatkan ide / data situs tentang apa sebuah situs tersebut. Penjelasan singkat ini bukan yang paling tepat karena seperti yang kita akan lihat selanjutnya, mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam rangka untuk memberikan hasil pencarian - merangkak , pengindeksan , pengolahan , menghitung relevansi , dan mengambil .

Pertama, mesin pencari menjelajah Web untuk melihat apa yang ada. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak, yang disebut crawler atau spider (atau Googlebot, seperti halnya dengan Google). Spider mengikuti link dari satu halaman ke halaman lain dan meng-indeks segala sesuatu yang mereka temukan dalam perjalanan mereka. Setelah men-jelajahi jumlah halaman di Web (lebih dari 20 miliar), adalah mustahil untuk spider mengunjungi situs harian hanya untuk melihat apakah halaman baru telah muncul atau jika halaman yang telah ada telah dimodifikasi, kadang-kadang crawler tidak mungkin berakhir sampai mengunjungi situs Anda untuk satu atau dua bulan.

Apa yang dapat Anda lakukan adalah untuk memeriksa apa yang crawler melihat dari situs Anda. Seperti telah disebutkan, crawler tidak manusia dan mereka tidak melihat gambar, film Flash, JavaScript, frame, halaman dilindungi sandi dan direktori, jadi jika Anda memiliki ton ini di situs Anda, Anda sebaiknya menjalankan Spider Simulator di bawah ini untuk melihat apakah ini Goodies yang dapat dilihat oleh laba-laba spider. Jika mereka tidak dapat melihat, mereka tidak akan jelajahi, tidak meng-indeks, tidak memproses, dll -  dan tidak akan ada dalam dalam data mereka untuk mesin pencari.

Setelah halaman dijelajahi (crawl), langkah berikutnya adalah untuk indeks isinya. Halaman diindeks disimpan dalam database raksasa mereka, dari mana nanti dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman dan menugaskan halaman untuk kata kunci tertentu. Untuk manusia tidak akan mungkin untuk memproses jumlah informasi tersebut, tetapi pada umumnya mesin pencari dapat menanganinya dengan baik-baik saja untuk tugas ini. karena mereka mesin. Kadang-kadang mereka mungkin tidak mendapatkan arti dari sebuah halaman yang benar tetapi jika Anda membantu mereka dengan mengoptimalkan itu, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengklasifikasikan halaman Anda dengan benar, agar halaman WEB mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Ketika datang permintaan pencarian, mesin pencari memproses itu - yakni membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang terindeks dalam database. Karena ada kemungkinan bahwa lebih dari satu halaman (praktis itu adalah jutaan halaman) berisi string pencarian, mesin pencari mulai menghitung relevansi dari setiap halaman dalam indeks dengan string pencarian.

Ada berbagai algoritma untuk menghitung relevansi. Masing-masing algoritma memiliki bobot relatif berbeda untuk umumnya faktor seperti kepadatan kata kunci, link atau metatag. Itu sebabnya mesin pencari yang berbeda memberikan halaman hasil pencarian yang berbeda untuk string pencarian yang sama. Terlebih lagi, itu adalah fakta diketahui bahwa semua mesin pencari utama, seperti Yahoo!, Google, Bing, dll secara periodik mengubah algoritma mereka dan jika Anda ingin tetap di atas, Anda juga perlu menyesuaikan halaman Anda untuk perubahan terbaru . 

Langkah terakhir dalam kegiatan mesin pencari adalah menentukan hasilnya. Pada dasarnya, itu tidak lebih dari sekadar menampilkan mereka dalam sebuah browser - yaitu halaman tak berujung dari hasil pencarian yang diurutkan dari yang paling relevan dengan situs yang paling relevan.

2. Perbedaan Antara Mayor Search Engine

Meskipun prinsip dasar operasi dari semua mesin pencari (search engine) adalah sama, perbedaan kecil antara mereka menyebabkan perubahan besar dalam hasil relevansi. Untuk mesin pencari yang berbeda faktor yang berbeda adalah penting. Ada saat-saat, ketika para ahli SEO bergurau bahwa algoritma Bing yang sengaja dibuat hanya kebalikan dari orang-orang di Google. Sementara ini mungkin memiliki butir-butir kebenaran, itu adalah masalah fakta bahwa mesin pencari utama seperti mereka (Google, Yahoo,Bing,dll) ada yang berbeda dan jika Anda berencana untuk menaklukkan lebih dari satu dari mereka, Anda perlu mengoptimalkannya dengan hati-hati.

Ada banyak contoh perbedaan antara search engine. Misalnya, untuk Yahoo! dan Bing, faktor kata kunci pada halaman merupakan kepentingan utama, sedangkan untuk Google mereka  membeda-bedakan mana situs yang sangat atraktif dan sangat penting, yang lebih tua, dan yang lebih baik, sedangkan Yahoo! umumnya tidak memiliki preferensi diekspresikan terhadap situs dan domain dengan tradisi seperti Google (yaitu yang lebih tua). Jadi Anda mungkin perlu lebih banyak waktu sampai situs Anda akan matang untuk diterima di Google, daripada di Yahoo!.

reff : http://auto4backlink.blogspot.com/2013/11/apa-itu-seo-arti-seo-definisi-seo.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / CYP's note

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger