BAB I. PENDAHULUAN
I. 1. Latar Belakang
Semakin
berkembangnya teknologi tidak hanya menuntut fungsi yang maksimal dari
teknologi itu sendiri, akan tetapi juga dituntut untuk memiliki tampilan yang
sempurna sehingga mudah digunakan oleh para user. Oleh karena
itu para ahli diharapkan bukan hanya dapat membuat program yang baik, akan
tetapi juga dapat membuat tampilan atau interface yang
menarik. Disinilah ilmu "Desain Pemodelan Grafik" dibutuhkan, karena
ilmu ini merupakan salah satu jembatan penghubung yang esensial antara komputer
dan manusia.
I. 2. Rumusan Masalah
- Apakah Desain Pemodelan Grafik itu ?
- Media apa sajakah yang mencakup Desain Grafik ?
- Apa saja Prinsip dan Unsur Desain ?
- Bagaimana teknik pengolahan gambar pada desain grafis ?
I. 3. Tujuan
- Mendefinisikan secara umum Desain Pemodelan Grafik
- Menjelaskan cakupan media Desain.
- Memaparkan Prinsip dan Unsur Desain
- Menerangkan teknik pengolahan ada Desain Grafis.
BAB II. PEMBAHASAN
II. 1. Definisi
Apa itu Desain Pemodelan
Grafis?? mungkin kalimat itu sudah tidak asing lagi di telinga kita, dan apa
yang terlitas dipikiran kita ketika mendengar tentang Desain, Pemodelan, dan
Grafis dari 3 kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Desain adalah proses untuk
membuat dan menciptakan obyek baru. Pemodelan adalah membentuk suatu
benda-benda atau obyek, membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat
seperti hidup. Pemodelan dalam suatu rekayasa perangkat lunak merupakan suatu
hal yang dilakukan di tahapan awal. Grafik komputer adalah suatu proses
pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Dengan demikian Desain
Pemodelan Grafis adalah suatu proses pembuatan, manipulasi dan menyimpan suatu
objek dengan menggunakan bantuan perangkat lunak (software) komputer.
II.
2. Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan
untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan,
sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia. Batas
dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain
grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang.
II.
3. Prinsip dan Unsur Desain
Unsur dalam
desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya.
Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna)
membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,
seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis),
proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian
membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
II.
4. Teknik Pengolahan Gambar
Desain
pemodelan grafik merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan grafik
komputer atau segala sesuatu mengenai pengolahan gambar yang dikerjakan pada
komputer. Yang disebut pengolahan gambar itu berupa pemotongan gambar, rotasi,
dilatasi, translasi dan lain-lain.
·
Rotasi
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
·
Dilatasi
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangunnya.
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangunnya.
·
Translasi
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru. Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru. Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser
·
Skala
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
·
Refleksi
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
BAB III. PENUTUP
III. 1. Kesimpulan
Desain pemodelan grafis sangat
penting dalam menjembatani antara user dan
computer, oleh karena itu sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai.
Teknik-teknik dasarnya pun cenderung mudah untuk dipelajari dan akan berkembang
tergantung pada tingkat kesulitan gambar yang akan dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
http://srini.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4140/3+Grafik+Komp-Konsep+Dasar.pdf
http://journal.uii.ac.id/index.php/media-informatika/article/viewFile/13/12%3Cbr%20/%3E
http://journal.uii.ac.id/index.php/media-informatika/article/viewFile/13/12%3Cbr%20/%3E
http://yudiradi-spotz.blogspot.com/2012/10/desain-pemodelan-grafik.html
0 komentar:
Posting Komentar